SELAMAT DATANG AHLAN WA SAHLAN

ANDA TELAH BERGABUNG DENGAN SURGA DUNIA DAN AKHIRAT

Rabu, 10 Februari 2010

VALENTINE DAYS HARAM

Antara kawula muda dan hiburan memang sulit untuk dipisahkan. namun nahasnya sebagian teman-teman kita beranggapan bahwa hiburan identik dengan melampiaskan segala keinginan hati, keglamouran, kemesraan, berteler ria untuk melupakan segala problema, bahkan penyelewengan seks pun dianggap hiburan. alhasil hiburan adalah bersuka ria yang sarat dengan kemaksiatan.

Padahal bisa saja kita bisa mendapatkan hiburan tanpa harus berbuat maksiat misal menikmati keindahan alam ciptaan ilahi robbi atau mengekspresikan diri dalam seni dls.

Pada bulan 14 februari tahun 2009 atau pada hari valentine days (menurut anak muda sekarang) di kota bahkan di desa, di masyarakat awam bahkan di pesantren, dibuatlah acara special tersebut layaknya sebuah momentum yang harus bahkan wajib untuk dilakukan, kartu valentine pun dijual dimana-mana, kue valentine yang berbentuk hati dengan warna khas merah pun dibagi-bagi. layaknya hajatan nasional yang tidak mungkin ditinggalkan. dan remaja muslimpun tak urung ikut-ikutan, kadang hanya ingin mendapat predikat "gaul", atau "keren" bahkan "Moderen".

Pertanyaannya sekarang "Apa itu Valentine Days, apa hukumnya dan apa dampak yang ditimbulkan olehnya"?
Baik, kami ulas dulu dari Apa itu Valentine Days :
Menurut "WORLD BOOK" hari Valentine Days dilatarbelakangi oleh :
1. Valentine adalah seorang tokoh kristiani pada zaman kerajaan "ROMAWI", karena ia adalah seorang yang dermawan dan shaleh maka ia mendapatkan gelar "Saint" atau "Santo" (St) yaitu orang yang suci. hingga ia disebut St. Valentine. antara St. Valentine dan Kaisar Romawi yaitu raja Claudius II (259-269 M) terjadi perselisihan dan pertentangan karena kaisar Claudius II melarang pemuda untuk kawin pada usia muda, sebab pemuda yang belum kawin sangat baik dijadikan tentara. karena perlawanan St. valentine, ia dijatuhi hukuman mati yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 268. menurut orang kristen St. Valentien mati syahid. maka sejak saat itu dia menjadi simbol kedermawanan, keshalehan, keberanian dan kepasrahan. namanya dipuja dan diagungkan.
2. Versi lain, Valentine adalah seorang pendeta muda yang penuh kasih sayang kepada anak-anak. karena penolakannya kepada perintah pemerintah ROMAWI untuk menyembah DEWA MATAHARI yang selalu dirayakan pada tanggal 25 Desember, maka ia (Valentine) dihukum mati pada tanggal 14 Februari 269 M.

Kedua kisah itu mulai diperingati oleh orang kristen di ROMAWI setelah ROMAWI memeluk agama kristen yang dipelopori oleh PAUS GLASIUS pada tanggal 14 Februari dengan istilah "VALENTINE DAYS" yang artinya hari kasih sayang.

HUKUM memperingati/merayakan Hari VALENTINE DAYS

Menurut MUI dan FORUM BAHTSUL MASAIL NU : merayakan hari Valentine Days hukumnya haram karena :
1. التشبه (menyerupai) dalilnya : من تشبه بقوم فهو منه yang artinya : "barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka ia dikelompokkan dalam kaum tersebut".
2. Nabi Muhammad SAW selalu menghindari perbuatan-perbuatan yang dilakukan oleh orang kristen dan yahudi.
3. Dampak yang yang ditimbulkan oleh valentine days sangat merusak moral dari pemuda-pemudi islam diantaranya hura-hura, seks bebas, minum-minuman keras. Karena budaya Valentine Days adalah budaya orang-orang kafir.

Demikian penjelasan dari kami. saran dan kritik sangat kami butuhkan dalam rangka perbaikan blog kami. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar